Contoh Makalah Sejarah Orde Baru

Contoh Makalah Sejarah Orde Baru




Oke teman-teman kali ini saya akan membahas sedikit tentang Contoh Makalah Sejarah Orde Baru, Orde baru merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk memisahkan antara kekuasaanmasa Sukarno (Orde Lama) dengan masa Suharto. Sebagai masa yang menandai sebuah masa baru setelah pemberontakan Gerakan 30 September tahun 1965. Orde baru lahir sebagai upaya untuk: mengoreksi total penyimpangan yang dilakukan pada masa Orde Lama, penataan kembali seluruh aspek kehidupan rakyat, bangsa, dan negara Indonesia,melaksanakan Pancasila dan UUD1945 secara murni dan konsekuen dan menyusun kembali kekuatan bangsa untuk menumbuhkan stabilitas nasional guna mempercepat proses pembangunan bangsa.
Dari latar belakang masalah di atas, terdapat beberapa masalah yang akan dibahas dalam makalah ini, yaitu:

  • Bagaiman latar belakang lahirnya orde baru ?
  • Bagaimanapolitik dalam negri pada masa orde baru ?
  • Bagaimana kehidupan bidang ekonomi pada masa orde baru ?
  • Bagaimana perkembangan social budaya pada masa orde baru ?

Orde baru lahir karena dilatarbelakangi oleh beberapa hal, antara lain :
Terjadinya peristiwa Gerakan 30 September 1965.
Keadaan politik dan keamanan negara menjadi kacau karena peristiwa Gerakan 30 September 1965 ditambah adanya konflik di angkatan darat yang sudah berlangsung lama. Keadaan perekonomian semakin memburuk dimana inflasi mencapai 600% sedangkanupaya pemerintah melakukan devaluasi rupiah dan kenaikan harga bahan bakar menyebabkan timbulnya keresahan masyarakat.
Reaksi keras dan meluas dari masyarakat yang mengutuk peristiwa pembunuhan besar- besaran yang dilakukan oleh PKI. Rakyat melakukan demonstrasi menuntut agar PKI berserta Organisasi Masanya dibubarkan serta tokoh-tokohnya diadili. 
Saya menyadari bahwa tanpa bantuan, bimbingan dan dorongan dari berbagai pihak, saya tidak mungkin menyelesaiakan penyusunan makalah ini, untuk itu ucapan terima kasih penulis ucapkan kepada semua pihak yang telah membantu. Saya sangat mengharapkan kritik dan saran yang konstruktif, terutama dari teman-teman dan pengunjung blog ini. Mungkin lebih detailnya lagi teman-teman bisa lihat Contoh Makalah Sejarang Orde Baru preview dan download pada link di sini:



Contoh Makalah Sejarah Orde Baru.docx

Sepertinya sudah cukup sekian sedikit penjelasan saya tentang Contoh Makalah Sejarah Orde Baru ini semoga tulisan ataupun makalah ini memberi manfaat bagi anda.

Subscribe to receive free email updates: